4/20/10

Rabies

Rabies adalah suatu infeksi virus pada otak yang menyebabkan iritasi dan peradangan otak dan medulla spinalis.

PENYEBAB

Virus rabies.
Virus rabies terdapat dalam air liur hewan yang terinfeksi. Hewan ini memularkan infeksi kepada hewan lainnya atu manusia melalui gigitan dan kadang melalui jilatan. Virus akan berpindah dari tempatnya masuk melalui saraf-saraf menuju ke medulla spinalis dan otak, dimana mereka berkembangbiak. Selanjutnya virus akan berpindah lagi melalui saraf menuju ke kelenjar liur dan masuk ke dalam air liur. Banyak hewan yang bisa menularkan rabies kepada manusia. Yang paling sering menjadi sumber dari rabies adalah anjing; hewan lainnya yang juga bisa menjadi sumber penularan rabies adalah kucing, kelelawar, rakun, sigung, rubah. Rabies pada anjing masih sering ditemukan di Amerika Latin, Afrika dan Asia, karena tidak semua hewan peliharaan mendapatkan vaksinasi untuk penyakit ini. Hewan yang terinfeksi bisa mengalami rabies buas atau rabies jinak. Pada rabies buas, hewan yang terkena tampak gelisah dan ganas, kemudian menjadi lumpuh dan mati. Pada rabies jinak, sejak awal telah terjadi kelumpuhan lokal atau kelumpuhan total. Meskipun sangat-sangat jarang, rabies bisa ditularkan melalui penghirupan udara yang tercemar. Telah dilaporkan 2 kasus yang terjadi pada penjelajah yang menghirup udara di dalam goa dimana banyak terdapat kelelawar.
GEJALA
Gejala biasanya mulai timbul dalam waktu 30-50 hari setelah terinfeksi, tetapi masa inkubasinya bervariasi dari 10 hari sampai lebih dari 1 tahun. Masa inkubasi biasanya paling pendek pada orang yang digigit pada kepala atau tempat yang tertutup celana pendek atau bila gigitan terdapat di banyak tempat. Pada 20% penderita, rabies dimulai dengan kelumpuhan pada tungkai bawah yang menjalar ke seluruh tubuh. Tetapi penyakit ini biasanya dimulai dengan periode yang pendek dari depresi mental, keresahan, tidak enak badan dan demam. Keresahan akan meningkat menjadi kegembiraan yang tak terkendali dan penderita akan mengeluarkan air liur. Kejang otot tenggorokan dan pita suara bisa terasa sakit luar biasa. Kejang ini terjadi akibat adanya gangguan daerah otak yang mengatur proses menelan dan pernafasan.
Angin sepoi-sepoi dan mencoba untuk minum air bisa menyebabkan kekejangan ini. Oleh karena itu penderita rabies tidak dapat minum. Karena hal inilah, maka penyakit ini kadang-kadang juga disebut hidrofobia  ( takut air).
DIAGNOSA
Jika seseorang digigit hewan, maka hewan yang menggigit harus diawasi. Immunofluoresensi (tes antibodi fluoresensi) yang dilakukan terhadap hewan tersebut bisa menunjukkan bahwa hewan tersebut menderita rabies. Biopsi kulit, dimana kulit leher diambil untuk diiperiksa dibawah mikroskop, biasanya dapat menunjukkan adanya virus.

PENGOBATAN
Jika segera dilakukan tindakan pencegahan yang tepat, maka seseorang yang digigit hewan yang menderita rabies jarang akan menderita rabies. Orang yang digigit kelinci dan hewan pengerat (termasuk bajing, tikus) tidak memerlukan pengobatan lebih lanjut karena hewan-hewan tersebut jarang terinfeksi rabies. Tetapi bila digigit binatang buas (sigung, rakun, rubah dan kelelawar) diperlukan pengobatan lebih lanjut karena hewan-hewan tersebut mungkin saja terinfeksi rabies. Tindakan pencegahan yang paling penting adalah penanganan luka gigitan sesegera mungkin. Daerah yang digigit dibersihkan dengan sabun, tusukan yang dalam disemprot dengan air sabun. Jika luka telah dibersihkan, kepada penderita yang belum pernah mendapatkan imunisasi dengan vaksin rabies diberkan suntikan immunoglobulin rabies, dimana separuh dari dosisnya disuntikkan di tempat gigitan. Jika belum pernah mendapatkan imunisasi, maka suntikan vaksin rabies diberikan pada saat digigit hewan rabies dan pada hari ke 3, 7, 14 dan 28. Nyeri dan pembengkakan di tempat suntikan biasanya bersifat ringan. Jarang terjadi reaksi alergi yang serius, kurang dari 1% yang mengalami demam setelah menjalani vaksinasi Jika penderita pernah mendapatkan vaksinasi, maka resiko menderita rabies akan berkurang, tetapi luka gigitan harus tetap dibersihkan dan diberikan 2 dosis vaksin (pada hari 0 dan 2). Sebelum ditemukannya pengobatan, kematian biasanya terjadi dalam 3-10 hari. Kebanyakan penderita meninggal karena sumbatan jalan nafas (asfiksia), kejang, kelelahan atau kelumpuhan total. Meskipun kematian karena rabies pernah diduga tidak dapat dihindarkan, tetapi beberapa orang ada yang selamat. Mereka dipindahkan ke ruang perawatan intensif untuk diawasi terhadap gejala-gejala pada paru-paru, jantung dan otak. Pemberian vaksin maupun imunoglobulin rabies tampaknya efektif jika suatu saat penderita menunjukkan gejala-gejala rabies.

PENCEGAHAN

Langkah-langkah untuk mencegah rabies bisa diambil sebelum terpapar virus atau segera setelah terpapar. Sebagai contoh, vaksinasi bisa diberikan kapada orang-orang yang beresiko tinggi terhadap pemaparan virus, yaitu :

  • dokter hewan
  • petugas laboratorium yang menangani hewan-hewan yang terinfeksi
  • orang-orang yang menetap atau tinggal lebih dari 30 hari di daerah dimana rabies pada anjing banyak ditemukan
  • para penjelajah gua kelelawar.
Vaksinasi memberikan perlundungan seumur hidup. Tetapi kadar antibodi akan menurun, sehingga orang yang berisiko tinggi terhadap pemaparan selanjutnya harus mendapatkan dosis buster vaksinasi setiap 2 tahun.

14 comments:

  1. nice info, penyakit yg aku takuti, krn aku takut anjing. :D
    mat, gmn si cara pasang friends link kaya di side bar kamu, kasi tau donk, balas ke tmpatq y,

    ReplyDelete
  2. aditric
    salam kenal Mas.. trima kasih ya kunjungannya... nt saya pasang linknya di tempat saya.... oia saya sudah ke tempat Mas n sudah juga saya kasih kode untuuk perintah text berjalan seperti yang di tempat saya, tapi klo ga salah di wordpress.com.. kode ini ga bisa dipakai... mungkin ada rekan bloger lain yang bisa kasih triknya agar kode tsb bisa dipakai di WP.com.. krn saya juga masih newbie nih.. hehe..

    ReplyDelete
  3. Gara-gara penyakit ini..
    aq paling takut ama anjing... bukan takut gongongan tapi takut digigit..

    hihihihi...

    sipp deh Mas atas Infonya....

    ReplyDelete
  4. nice info...

    Haa...ane paling takut ma anjing......

    ReplyDelete
  5. oh ternyata bukan cuman ajning toh, ih bahaya nih main kucing,,,tp kalau kucing-kucingan nggak khan??

    ReplyDelete
  6. yah menakutkan nih rabies, ternyata byk hewan jg jd penyebarnya..takuttt

    ReplyDelete
  7. Delia
    hehehe...sama Mbak.. klo gonggongannya malah jengkelin ... berisik :-D

    ReplyDelete
  8. ya yay ya

    informasi yg cukup lengkap yang juga kucari-cari selama ini..

    mungkin ini adl salah satu hikmah kenapa jika kena jilatan anjiing, kita diminta mencuci dg air tujuh kali dan yg terakhir pakai pasir.
    subhanallah....
    shodaqollahul 'azhim

    dan satu hal lagi.
    br tahu juga aku ada istilah hidrofobia... :)

    ReplyDelete
  9. Leader Street
    kalo kucing2an ma pulisi ya bahaya pak.... wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  10. shared lifestyle
    makanya.. nt piara ikan mas koki aja ya.. :-)

    ReplyDelete
  11. ahmedfikreatif
    trima kasih Mas kunjungangannya... saya juga kadang hidrofobia.. tp pas klo lg libur kerja.. mandinya baru sore hehehehe..

    ReplyDelete
  12. anonim
    .. sama.. sebenernya saya juga gitu hehehe.. mas/mbak nih..? mohon tulis aja namanya.. spy manggilnya ga bingung.. :-)
    tks ya dah mampir..

    ReplyDelete
  13. Makanya kalo punya hewan peliharaan mesti dirawat baik2 biar ga kena rabies ya Dok ?
    Oh anjing dan kucingku sayang heheee

    ReplyDelete
  14. wulan audy
    tulll Mbak.. makasih ya sowan2nya

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle