6/23/10

Membantu Anak Konsentrasi

Jika anak anda tampak sulit konsentrasi saat belajar atau mengerjakan PR, coba strategi berikut.

Meningkatkan Kejernihan Berpikir

Jika anak tampak sulit belajar, oleskan beberapa tetes minyak esensial rosemary pada bohlam yang paling dekat dengan keja belajarnya. Dalam sebuah studi di Inggris, partisipan yang mengikuti tes ingatan dan perhatian di ruangan yang diwangikan dengan rosemary lebih senang dan bisa berpikir lebih baik. Yang lebih mengesankan lagi adalah, ingatan jangka panjang mereka meningkat 15%.
Alasan:Rosemary menstimulir saraf trigeminal, bagian dari otak yang membuat pikiran bangun, jelas Alan Hirsch,MD., direktur neurologis Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago. Tak punya minyak esensial rosemary ? GUnakan rosemary segar dan haluskan atau cincang dan gunakan sebagai potpouri di samping meja belajar.

Menenangkan Saraf
JIka anak sangat cemas dengan batas waktu akhir penyerahan laporan, sampai anak tak bisa menyelesaikan bacaan 1 alinea, coba tenangkan pikiran anak, dengan menghangatkan meridien triple warmer. Ketika stres, saluran energi dari ujung jari manis ke pelipis ini menjadi terlalu aktif, menghasilkan perasaan yang serupa dengan lari atau lawan.
Untuk menenangkan kecemasan, suruh anak meletakkan tangan kiri di tepi alis kanan, sambil disentuh pelan. Lalu suruh anak meluncurkan jari ke belakang telinga, ke belakang leher dan bahu terus ke bawah, ke bagian luar lengan kanan dan pijat pelan jari manis. Suruh ulangi pada sisi alis kiri. Anak akan merasa tenang dalam hitungan menit dan cukup fokus untuk mengatasi tantangan besar.

Memulihkan Fokus
Cuaca panas membuat perhatian anak cepat terganggu. Untuk mengatasi hal ini, beri sedikit warna merah di meja belajar anak. Para periset University of british Columbia, Kanada, menemukan patisipan yang perlu perhatian pada detail mendapatkan nilai yang lebih tinggi ketika ditampilkan latar belakang merah dibanding ketika diberi latar belakang biru. Hal ini disebabkan merah sering dikaitkan dengan sinyal bahaya seperti tanda berhenti dan sirene. Merah membuat orang lebih berhati-hati sehingga mereka bisa bekerja secara lebih baik pada tugas yang berorientasi pada detail. Gunakan gelas merah untuk tempat pensil atau alas piring merah di meja belajar anak.

4 comments:

  1. first visit ... hi from Lesotho :-)

    ReplyDelete
  2. @cultofthedeadfish
    Hi too... Thanks for visited here.. :-)

    ReplyDelete
  3. boro2 anak kecil dok..
    saya aja yang dah tua susahnya minta ampun buat konsen haha

    ReplyDelete
  4. @kang ian
    Hehehe... hayoo mikirin apa nih sampe susah konsen .. :-p

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle