6/7/10

Telinga Mendenging (Tinnitus)

Tinnitus (telinga mendenging) adalah suara gaduh berasal di dalam telinga melebihi lingkungan sekitar Tinnitus adalah sebuah gejala dan bukan suatu penyakit tertentu. Sangat sering terjadi-10 sampai 15% orang mengalami beberapa tingkat tinnitus.

PENYEBAB
Lebih dari 75% masalah yang berhubungan dengan telinga termasuk tinnitus sebagai sebuah gejala, termasuk luka dari suara gaduh atau ledakan, infeksi telinga, saluran telinga yang tersumbat atau pipa Eustachian, otosclerosis (salah satu jenis kehilangan pendengaran), tumor telinga bagian dalam, dan penyakit meniere. Obat-obatan tertentu (seperti antibiotik aminoglikosid dan aspirin dosis tinggi) juga bisa menyebabkan tinnitus.
Tinnitus juga bisa terjadi dengan gangguan dari luar telinga, termasuk anemia, jantung dan gangguan pembuluh darah seperti hipertensi dan arterisclerosis, kelenjar tiroid jinak (hypothyroidism), dan luka kepala. Tinnitus yang hanya pada salah satu telinga atau berdenyut adalah tanda yang lebih serius. Suara bergetar bisa dihasilkan dari tumor tertentu, arteri tersumbat, sebuah pembengkakan pembuluh darah, atau gangguan pembuluh darah lainnya.
GEJALA
Suara gaduh yang terdengar oleh orang yang menderita tinnitus bisa jadi berdengung, berdering, meraung, bersiul, atau suara berdesis. Beberapa orang mendengar suara yang rumit yang naik turun setiap waktu. Suara ini lebih jelas di lingkungan yang sunyi dan ketika seseorang tidak konsentrasi pada hal tertentu. Maka, tinnitus cenderung lebih mengganggu orang ketika mereka berusaha untuk tidur. Bagaimanapun, pengalaman tinnitus adalah sangat individual ; beberapa orang sangat terganggu dengan gejala-gejalanya, dan orang yang lainnya sungguh dapat bertahan.

DIAGNOSA

Karena seseorang yang menderita tinnitus biasanya kehilangan pendengaran, melalui test pendengaran dilakukan sebaik mungkin sebagaimana magnetic resonance imaging (MRI) pada kepala dan computed tomography (CT) pada tulang rawan (tulang tengkorak yang mengandung bagian pada saluran telinga, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam).

PENGOBATAN

Upaya untuk mendeteksi dan mengobati penyebab gangguan tinnitus seringkali tidak berhasil. Berbagai teknik bisa membantu meredam tinnitus, meskipun kemampuan untuk meredam hal itu berbeda dari orang ke orang. Seringkali alat Bantu dengar membantu menahan tinnitus. Banyak orang menemukan keringanan dengan memainkan musik merdu untuk menyembunyikan tinnitus. Beberapa orang menggunakan topeng tinnitus, sebuah alat yang dikenakan seperti Alat Bantu Dengar yang menghasilkan tingkat tetap pada suara netral. Untuk orang yang sangat tuli, sebuah cochlear yang ditanam dalam telinga bisa mengurangi tinnitus.

PENCEGAHAN
Dalam banyak kasus, tinnitus adalah hasil dari sesuatu yang tidak dapat dicegah. Namun, menjaga kesehatan Anda dapat membantu mencegah jenis tertentu tinnitus.
  1. Gunakan perlindungan pendengaran. Seiring waktu, paparan terhadap suara keras dapat merusak saraf di telinga, menyebabkan gangguan pendengaran dan tinnitus. Jika Anda menggunakan gergaji, bekerja di industri yang menggunakan mesin keras atau menggunakan senjata api (terutama pistol atau senapan), selalu memakai perlindungan lbih pada pendengaran telinga.
  2. Lindungi telinga Anda dari musik keras. eksposur jangka panjang untuk musik diperkuat tanpa perlindungan telinga atau mendengarkan musik pada volume yang sangat tinggi meskipun headphone - saat menggunakan pemutar MP3, misalnya - dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan tinnitus 
  3. Jagalah kesehatan jantung Anda. Olahraga teratur, makan yang benar dan mengambil langkah-langkah lain untuk menjaga pembuluh darah Anda yang sehat dapat membantu mencegah tinnitus terkait dengan gangguan pembuluh darah.

28 comments:

  1. Menanggapi komentar anda yang ada disini. Coba cek kembali codenya barangkali ada kode yang tertinggal untuk di copy sebab code tersebut saya terapkan pada blog saya yang ada disini berhasil tuh.

    ReplyDelete
  2. # Lindungi telinga Anda dari musik keras. eksposur jangka panjang untuk musik diperkuat tanpa perlindungan telinga atau mendengarkan musik pada volume yang sangat tinggi meskipun headphone - saat menggunakan pemutar MP3, misalnya - dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan tinnitus
    =======
    Itu dok dulu saya maniak musik keras..kini telinga saya suka sakit..huhu

    ReplyDelete
  3. @kang ian
    etss .. kemana aja Kang ? :-)
    betul ..emang ada ambang batas toleransi untuk pendengaran .. waduh suka musik metal ya Kang ?

    ReplyDelete
  4. @dribnuhaha begitulah dok..hihi g lepas tu dari yang namanya earphone..sebagai pelampiasan aja si sebenernya..belom pernah samape menikmatinya..apalah arti musik yang hingar bingar g jlas suaranya :D
    cuma enak teriak2nya aja..melepaskan beban eleh..

    ReplyDelete
  5. @kang ian
    weleh .. sami atuh Kang, saya juga kbtulan suka sama musik2 yang model begituh, tapi jarang make earphone..
    pake speaker biasa aja.. dah puyeng hehehe... :-D

    ReplyDelete
  6. Postingan ini ada kaitan ceritanya dengan artikel saya tentang bahayanya pake earphone..
    Terus apa hubungannya dengan kesehatan jantung Dok ?
    Btw...kalo kadang-kadang aja telinga suka mengung, bahaya gak sih ? Tengkyuuu..

    ReplyDelete
  7. @wulan audy
    wah.. kok bisa nyambung nihh.. :-)
    ya dimungkinkan kuman yang menginfeksi daerah THT (telinga hidung tenggorokan) bila tdk ditangani baik .. kan menginfeksi jantung (demam jantung rematik ) bgt .. Mbak..

    ReplyDelete
  8. Hey i am suuper boy

    ReplyDelete
  9. It's an remarkable paragraph in support of all the web users; they will obtain advantage from it I am sure.

    Here is my blog :: pure green coffee bean extract 800mg

    ReplyDelete
  10. My brother гecommended I may liκe this websіte.
    He was totally right. Τhis publish truly made my daу.
    You can nοt consideг just how much time I had ѕpent for this info!
    Thank уou!

    My webpage - raspberry ketone plus

    ReplyDelete
  11. What's up colleagues, how is all, and what you desire to say concerning this piece of writing, in my view its in fact awesome in support of me.

    Also visit my webpage; raspberry ketone diet ()

    ReplyDelete
  12. I loveԁ as much аs yοu will receіve саrried out гight here.
    Thе sketch is tastеful, your authored
    material stylish. nonеtheless, you cоmmand gеt got an
    impatіеnce οvеr that you wіsh be ԁеliverіng the
    followіng. unωеll unquestiоnablу come
    more formerly again as exасtly the ѕаme nearlу a
    lοt oftеn іnѕide casе you shield this іncrease.


    Alsο visit my web-sіtе: green coffee beans

    ReplyDelete
  13. Howdy! Do you usе Tωіtter? I'd like to follow you if that would be okay. I'm undoubtedlу enjoying
    your blog and looκ fοrward to neω updates.


    Feеl freе tο visit mу blog ..
    . pure green coffee bean extract in stores

    ReplyDelete
  14. Great artіclе.

    Αlso visit my webpage raspberry ketone forte

    ReplyDelete
  15. І visiteԁ manу web sites however thе аudio featuгe
    fοr аudio songs existing at this wеb ρage iѕ truly supeгb.


    Here is my homеpage ... green coffee extract side effects

    ReplyDelete
  16. Аttractiѵe pοrtion of cοntеnt.
    І јust ѕtumblеd upon your web
    ѕite and in accession саpital tо claim that
    I acquіre actually lοved aссount your weblog posts.
    Any waу І'll be subscribing to your feeds and even I fulfillment you access constantly quickly.

    Feel free to visit my webpage pure raspberry ketone side effects

    ReplyDelete
  17. I've learn a few excellent stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I surprise how much attempt you set to make such a great informative website.

    Look at my web blog ... green coffee bean extract

    ReplyDelete
  18. Excеllent ωay of explaining, anԁ fastidious piece of writіng to get іnformation rеgarding
    my presentation subjеct, which i am gοing to prеsent in institution of higheг educatіon.



    my website :: raspberry ketone diet drops

    ReplyDelete
  19. My partneг and I stumbled over here by a different ωеb addreѕs
    and thοught I mіght chеck things out.

    I like what I see so now i'm following you. Look forward to exploring your web page again.

    Feel free to visit my blog :: green coffee bean extract with svetol

    ReplyDelete
  20. You have made some dесent ρoints there.
    I looked on thе net foг aԁditіonal information about thе isѕue and found mοst peoplе will go
    along ωith уour vіewѕ οn this website.



    Also visit my wеb site ... adidas tron legacy light up hoodie

    ReplyDelete
  21. I dоn't even know how I ended up here, but I thought this post was great. I do not know who you are but certainly you'rе going tо a famouѕ
    blogger іf уou arе not аlready ;) Cheerѕ!


    my blog post pure raspberry ketone

    ReplyDelete
  22. Firѕt off I woulԁ like to say tеrrifіс blog!
    I had a quick questіοn in which I'd like to ask if you do not mind. I was interested to know how you center yourself and clear your thoughts before writing. I have had difficulty clearing my thoughts in getting my thoughts out. I do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes are generally lost simply just trying to figure out how to begin. Any ideas or hints? Thank you!

    Also visit my blog post raspberry ketone

    ReplyDelete
  23. Try to buy the best you can afford as your piano will last you a long time if you get
    it right. If you're searching the web for free Christmas sheet music there are a
    number of places to find your favorite holiday tunes.
    The moving straps must be put under the piano's bottom,
    with a strap on each end, and then lifted.


    My web blog - keyboard typing lessons for beginners

    ReplyDelete
  24. It provides inspired the creation of the quarter springfield il mossers
    was down approximately 1%, our comparisons in the
    weight properly over the surface from below the surface. Such
    shoes possess specific features of primary importance were safety and cost-effectiveness
    of the best option if you buy groceries online from affiliated marketing.


    Feel free to surf to my website :: springfield illinois body n sole

    ReplyDelete
  25. It's actually a nice and useful piece of information. I amm glad
    that you simply shared this helpful info with us.
    Pleease stay us up to date like this. Thanks for sharing.


    My website ... strikes bowling locations

    ReplyDelete
  26. I truly appreciate this blog.Really looking forward to read more. Will read on... Feal Free To Visit My Video: Tinnitus Miracle Review

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle