6/24/10

Menggambar, Media Ekspresif si Kecil

Jika berbicara mengenai dunia anak, kita melihat dunia yang penuh dengan imajinasi alami. Tidak hanya Imajinasi. Tetapi juga rasa ingin tahu yag tinggi, ingin berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan daya kreativitas si kecil.
Salah satu media yang tepat untuk mengungkapkan imajinasi anak anda, adalah dengan menggambar .pilihannya adalah menggambar karena kreativitas ini membantu pengembangan otak anak.jika yang diajarkan melulu ilmu eksakta ,yang tentu saja memengaruhi otak kiri si kecil,maka akan cenderung mengakibatkan si kecil menjadi lebih egois,dan kurang bersosialisasi.

Pengembangan otak kanan penting dan diperlukan,karena dapat mendorong anak lebih bersosialisasi,berempati dengan orang lain,juga meningkatkan ekspresinya.
Menggambar dapat memberikan kesempatan pada anak untuk peka terhadap lingkungan sekitar sejalan situasi dan obyek yang mereka tuangkan di atas kertas.boleh dikatakan menggambar adalah media yang paling ekspresif,karena sikecil secara langsung dapat menuangkan imajinasinya berupa ekspresi gagasan dari dalam dirinya.
Orang tua dan para pendidik mesti menciptakan atmosfer yang mendukung kegiatan menggambar si anak.Caranya seperti memberi kata _kata positif pada anak. Sebaiknya kita mengungkapkan pujian secara detail pada anak agar anak merasa karyanya diperhatikan dan dihargai.Dengan begitu,anak menjadi semakin berani mengekspresikan pemikirannya ke dalam bentuk gambar.
Kemudian,hindari mengarahkan anak dengan cara menggambar yang sudah biasa.Biarkan mereka menggambar sesuai imajinasinya,agar mendapat ciri khas hail karyanya yang akan berbeda dengan anak lainnya.
Selain itu hindari untuk mencela gambar anak yang kurang bagus dari sudut pandang kita. Jjka memang gambar tersebut berbeda dari gambar seharusnya, kita dapat mengarahkan tanpa harus mencelanya. Kita dapat memberikan panduan dan arahan kepada mereka.
Dan, terakhir sekali, sekali – sekali ajaklah anak anda ke taman atau tempat di luar ruangan lainnya sebagai tempat menggambar. Hal ini akan membantu anak – anak untuk meningkatkan daya imajinasinya dengan mendekatkan dia kepada objek dan suasana nyata yang akan digambar.
Maka, mulailah untuk membantu anak anda dari usia dini mengembangkan daya kreativitasnya dengan menggambar. Hal ini yang tidak sulit dilakukan, hanya membutuhkan kesabaran dan ketenangan dalam membimbing mereka. 

5 comments:

  1. anak saya justru otak kanannya yang lebih dominan dok, lebih banyak ngobrol sama temannya dari belajarnya :)

    ReplyDelete
  2. Menggambar memang media terbaik untuk mengembangkan kreativitas anak. Dan hampir semua anak pasti suka menggambar.
    Pertanyaan hampir senada dengan Mbak Salma, Bagaimana kalo justru otak kiri anak yang kurang aktif Dok ? Tengkyu... :)

    ReplyDelete
  3. @ysalma
    hehe.. memang banyak kok kejadian seperti itu.. nah ini ..peran kita sbg ortu untuk membantu utk mengembangkan kreativitasnya dengan menggambar, contoh kongkritnya misal.. meminta anak menggambar apa saja yang ia lihat stlh kita ajak berwisata ke Dufan :-)

    ReplyDelete
  4. @wulan audy
    Et ada Mbak wulan lagi tokh.. :-D
    ya sudah saya kasih contoh Mbak utk pertanyaannya, di reply untuk Ysalma.. mungkin banyak hal2 lain yang bisa dilakukan oleh kita sebagai ortu selain contih diatas.. :-)

    ReplyDelete
  5. Creativity flows and there's a lot of enthusiasm in the air this Halloween. This led
    to the cards becoming utilized as divination tools.
    Stick a adorable photograph of the receiver in the entrance of the card.



    Here is my page - love psychic readings (http://www.avayeeshghmusic.ir/members/cliftweigall/activity/4466)

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle