4/22/10

Hordeolum ( Bintitan)

Hordeolum (Stye) adalah suatu infeksi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata. Bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan. Hordeolum biasanya timbul dalam beberapa hari dan bisa sembuh secara spontan.

PENYEBAB

Hordeolum adalah infeksi akut pada kelenjar minyak di dalam kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri dari kulit (biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus). Hordeolum sama dengan jerawat pada kulit. Hordeolum kadang timbul bersamaan dengan atau sesudah blefaritis. Hordeolum bisa timbul secara berulang.


GEJALA
Hordeolum biasanya berawal sebagai kemerahan, nyeri bila ditekan dan nyeri pada tepi kelopak mata. Mata mungkin berair, peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu di matanya. Biasanya hanya sebagian kecil daerah kelopak yang membengkak, meskipun kadang seluruh kelopak membengkak. Di tengah daerah yang membengkak seringkali terlihat bintik kecil yang berwarna kekuningan. Bisa terbentuk abses (kantong nanah) yang cenderung pecah dan melepaskan sejumlah nanah

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN

Hordeolum bisa diobati dengan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 4 kali/hari. Jangan mencoba memecahkan hordeolum, biarkan pecah sendiri. Krim antibiotik kadang digunakan untuk hordeolum yang berulang atau menetap (yang disebabkan oleh bakteri). Hordeolum interna adalah hordeolum yang terbentuk pada kelenjar yang lebih dalam. Gejalanya lebih berat dan jarang pecah sendiri, karena itu biasanya dokter akan menyayatnya supaya nanah keluar.

PENCEGAHAN

Selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata. Bersihkan minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata secara perlahan.

26 comments:

  1. bintitan bukan karena kebanyakan ngintip yaa :)

    ReplyDelete
  2. hmmm..
    yg pasti sangat tidak enak bintitan itu,,
    salam kenal..
    kunjungan perdana
    :)

    ReplyDelete
  3. kalau ada yang bilang bintitan karena suka ngintip mungkin ngintip di rumah gedek dan mata kena gedek
    he...
    informasi kesehatan ya

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  4. YSalma~
    Bisa jadi.. soale wkt ngintip, ketauan.. n matanya dipecut sama yang diintip.. bengkak dehh .. hehe..
    makasih ya kunjungannya

    ReplyDelete
  5. greenyazzahra~
    mudah2an jangan sampe ngrasain.. :-)
    salam kenal kembali.. trima kasih sdh mampir ya..

    ReplyDelete
  6. citromduro~
    wkwkwkwk.. bisa aja..
    ya Mas .. sekedar catatan saja, mudah2an ada manfaatnya..
    thank's for dropping by..

    ReplyDelete
  7. kebanyakan ... ngintip kali

    ReplyDelete
  8. terima kasih sebelumnya sudah berkunjung ke blog saya.

    saya pikir dulu mata bintitan gara-gara dikencingin kecoa.

    salam kenal y sobat.

    rully.

    ReplyDelete
  9. Selama ini sering terakotasi bahwa bintilan umumnya karena mengintip; nyatanya lain.

    ReplyDelete
  10. kekeke..iya tu kalau kata orang dulu karena kebanyakan ngintip hahaha :D

    ReplyDelete
  11. makasih yaw infonya
    hehhe smoiga aku tidak bintitan
    :D

    ReplyDelete
  12. wahh kirain karena suka ngintik
    jadi bintitan heheh
    :D

    ReplyDelete
  13. saya juga termakan mitos terlalu banyak ngintip..
    hihihi...

    ReplyDelete
  14. Anton
    wkwkwk... makasih Mas kunjunganya

    ReplyDelete
  15. Rully
    Sama2 Mas.. bisa jadi.. kecoanya isengg.. :-))

    ReplyDelete
  16. Anto
    hubungannya ada Mas.. klo ngintip daerah sekitar mata mungkin nempel ke benda yg kurang bersih n banyak bakteri.. nahhhh jadi deh bintitan hehehe..
    trima kasih sempetin mampir mas

    ReplyDelete
  17. Aldy
    makasih banyak ya kunjungannya Mas.. sama .. dulu saya juga gitu.. eh kalo dipikir dikit2 ada hubungannya juga.. :-))

    ReplyDelete
  18. Anno
    Hehehe.. kadang mitos suka ada benernya juga lho... tks ya kunjungannya..

    ReplyDelete
  19. Kang Ian
    Met Pagi Kang... hehe.. ya.. masih jadi mitos sampe skarang :-)
    makasih kang dah mampir

    ReplyDelete
  20. Darahbiroe
    walah jangan sampe Mas.. cenut2 pastinya hehe..
    trima kasih ya kunjungannya

    ReplyDelete
  21. Thanks infonya, sy juga dulu pernah bintitan...., jadi tau deh sekarang cara pengobatannya,
    Hatur thank U

    ReplyDelete
  22. dedekusn
    sami2 hatur tengkiu juga sdh sempatkan mengunjungi
    salam kenal n persahabatan ya

    ReplyDelete
  23. Ngeliat gambarnya aja udah kerasa cenut-cenut..
    Tapi apa bener salah satu penyebabnya karena ada bulu mata yang ga bisa tumbuh, jadi nusuk ke daging gitu ?u

    ReplyDelete
  24. wulan audy
    lebih sering timbul karena bulu mata tercabut.. ada rongga bekas tempat bulu mata.. masuk kotoran - kuman - infeksi .. :-)

    ReplyDelete
  25. Ooooh...semacam bisulan di mata gitu ya..
    iiiih...amit-amit jangan sampe deh :D

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle