6/9/10

Kiat Tingkatkan Daya Ingat

 Anda termasuk kelompok yang harus berjuang keras untuk mengingat segala sesuatu ? Dari mulai nama, wajah, lokasi, hingga aneka keeping informasi lainnya ? 10 kiat berikut pasti amat membantu meningkatkan daya ingat anda. Yang jelas, semakin sering anda melatihnya, kemampuan anda untuk mengingat akan semakin terasah.

Gunakan Pola
Cara terbaik untuk mengingat sejumlah angka adalah mengamati pola yang tersembunyi. Contohnya, bukan hal gampang kan kalau anda disuruh mengingat angka-angka 3810151722242931363843 ? Deretan angka tersebut kelihatannya disusun secara acak, padahal sesungguhnya berdasarkan pola tertentu, yaitu ditammbah 5 kemudian ditambah 2 dan seterusnya.. Begitu mengetahui pola yang digunakan, anda tinggal mengingat angka pertama dalam barisan tersebut. Menarik kan ? Cara lain yang bisa diterapkan dengan menggunakan sistem ini adalah mengingat angka-angka dalam susunan not balok. Yang pasti, anda bisa mengasah ketajaman spasial dengan berlatih mengingat angka daripada membiarkan memori otak anda kosong sama sekali.
Tehnik Asosiasi
Metode ini juga andalan untuk mengingat angka-angka. Dengan menerapkan tehnik ini, anda mengasosiasikan sejumlah angka dengan sebuah kata yang saling memiliki keterkaitan. Contohnya, 74736052007365. Pisahkan angka-angka menjadi beberapa kelompok yang masing-masing memiliki keterkaitan dengan kata tertentu Misalnya, Jumbo jet (747), Xbox (360), Deck of Cards (52)), James Bond (007), dan jumlah hari dalam setahun (365). Metode ini pun dapat digunakan berulangkali sebagai password yang menyenangkan sekaligus mudah diingat.

Metode Alfabetis
Kita semua pasti akrab dengan system abjad. Kalau anda punya sejumlah kata yang harus diingat-ingat, tempatkan kata-kata tersebut secara alfabetis. Jika kata-kata yang harus dihapal sedemikian panjang, misalnya nama-nama negara bagian Amerika, urutkanlah mulai dari nama 1 negara yang dimulai dari huruf A.
Begitu anda mampu mengingatnya, ulangi dari awal sambil menambahkan nama-nama negara lainnya, sampai semua negara lainnya, sampai semua negara tersusun secara alfabetis dan anda mampu mengingatnya secara keseluruhan. Anda akan takjub betapa metode ini ternyata jauh lebih efektif daripada susah payah mencoba mengingat semua sekaligus.

Kategorisasi

Pada dasarnya, metode alphabet termasuk kategorisasi. Kalau ada begitu banyaj daftar benda-benda yang harus diingat, cobalah untuk menemukan kesamaan-kesamaan yang ada di antara mereka kemudian mengelompokkannya. Contohnya, saat harus membeli apel, sampo, keju, jambu, susu, gula, pisang, sabun, dan tepung. Sekarang cobalah lakukan kategorisasi dari daftar belanjaan tersebut menjadi.Buah-buahan apel, pisang, jambu. Bahan kering: gula, tepung. Produk susu: keju, susu. Keperluan mandi: sampo, sabun.

Metode Memecah
Memecah sesuatu menjadi potongan-potongan kecil merupakan metode yang sangat penting untuk mengingat. Tanpa disadari ini sudah biasa kita lakukan sehari-hari.Contoh konkretnya adalah nomor telepon. Begitu mendengar sederet angka, kita langsung memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, umumnya menjadi kode area yang memiliki 3 atau 4 digit. Apa yang kita lakukan bukan di luar batas kewajaran karena memang seperti itulah cara yang paling efektif untuk mengingat sebaris panjang angka yang ditulis secara acak.

Teknik Membayangkan
Kalau kita termasuk orang yang sulit mengingat nama nama seseorang, inilah cara paling efektif untuk mengingat nama-nama mereka. Saat berkenalan dengan  John Key, contohnya, bayangkan wajahnya dengan sebuah kunci besar yang tepat berada di tengah wajahnya. Begitu pula kala bertemu dengan seseorang yangdipanggil Patty Grant, anda bisa mencoba membayangkan lemak daging yang dibungkus dalam gulungan uang. Contoh berikut, imajinasi anda pasti akan langsung mengarah pada bedak bayi ketika berjumpa dengan seseorang yang bernama Bob  Johnson. Cara lain yang dilakukan untuk mengingat nama seseorang adalah menemukan asosiasi antara sosok yang tengah anda maksud dengan seseorang lainnya yang anda sudah ketahui namanya. Bayanagkan mereka sedang berjabat tangan atau berdiri saling bersisian.

Visualisasi
Teknik yang disebut dengan loci ini merupakan salah satu teknik mengingat yang sudah sangat tua. Dalam metode ini anda membayangkan sebuah lokasi (yang paling mudah adalah lokasi rumah sendiri) lalu tempatkan objek-objek yang harus diingat di beberapa bagian ruang yang berbeda.. Contohnya, bila anda harus mengingat daftar nama sayuran, perintahkan memori andauntuk ’meletakkan’ masing-masing jenis sayuran di tempat yang berbeda-beda dalam sebuah ruangan. Ketika dituntut untuk mengingat kembali nama-nama sayuran tersebut, gerakkan pikiran melewati setiap lokasi dalam ruangan dan lihatlah apa yang anda letakkan di sana. Kalau anda merasa ini merupakan cara yang sangat menolong kemampuan mengingat anda, cobalah kembangkan dengan membuat tambahan lantai pada lokasi yang sudah mampu diingat.

Metode Bercerita
Metode ini bisa sangat mengasyikkan lho ! Buatlah sebuah cerita yang mencakup semua hal yang perlu anda ingat. Jalan ceritanya bisa benar-benar menggelikan. Katakanlah anda harus mengingat-ingat untuk membeli ember, sekeranjang apel, sikat rambut, beberapa lembar alas untuk menampung kotoran kucing di kandangnya.. Dari sini anda bisa mengarang cerita,”Setelah Jeni mengangkat alas kotoran dari kandang kucing dan memasukkannya ke dalam ember merah, ia menyisiri kucing peliharaannya dengan sisir rambut yang baru, sementara ia sendiri asyik menikmati apel merah.” Isi ceritanya tak harus sungguhan kok. Yang pasti, cara ini sangat efektif untuk membantu anda mengingat hal-hal yang ada dalam daftar.

Metode Mnemonik

Mnemonik adalah sebuah kata atau frasa tanpa makna yang bisa anda gunakan untuk mengingat sesuatu karena kata atau frasa inilah yang menjadi semacam kunci untuk membuka informasi selanjutnya. Contohnya, sewaktu masih kecil dulu saat ikut les musik, frase ”every good boy deserves fruit” yang masing-masing mewakili kunci dalam tangga nada yaitu EGBDF. Anda pun pasti ingat apa warna-warna pelangi hanya dengan menyebut frasa mejikuhibiniu.

Memberdayakan Indera

Kalau anda harus mengingat sebuah kata, cobalah untuk mengingat-ingatnya dengan mengikutsertakan indera perasa. Contohnya, kalau anda harus mengingat beli sabun, cobalah membangun imajinasi tentang sabun dengan membayangkan aromanya seperti apa. Andapun dapat memberdayakan indera lainnya dengan cara yang sama. Misalnya ketika harus mengingat membeli jam weker, ingat-ingatlah dering suaranya yang memecah kenikmatan tidur anda di pagi hari.

Sumber : Rainbroccoli

5 comments:

  1. syukurlah ternyata daya ingatku masih bagus, belum termasuk kategori pelupa berat :D

    ReplyDelete
  2. @orange float
    wah tks sudah berkunjung kembali.. :-) Alhmdllh smoga ingatannya tetep bagus seterusnya ya.. ini posting link dari tempatnya Mbak wulan Rainbroccoli

    ReplyDelete
  3. Wah banyak juga kiatnya sampai membuat saya kesulitan mengingat

    ReplyDelete
  4. @skbjepara

    :-) bisa aja Pak.. sekedar wacana saja.. mudah2an ada manfaat, metode apa yang akan dipakai.. kembali kpd individu, ga smua teori bisa diaplikasi .. betulll ??
    posting ini Link dari Mbak wulan rainbroccoli

    11 Juni 2010 06:39

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle