7/15/10

Sedikit Tips untuk yang mau Kost

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
ibnurakhmat
Inpirasi posting ini sebenarnya bersumber dari keponakan saya yang harus kost, karena orang tuanya tinggal di yogyakarta sementara dia harus kuliah di jakarta. Triknya menurut saya cukup cerdik karena dapat memanfaatkan dana yang diberikan ortu dengan optimal, sehingga kelebihan jatah dari orangtuanya bisa ditabung dan dipergunakan untuk keperluan lainnya
Setelah hunting kamar di seputaran tempat kuliahnya, akhirnya pilihannya jatuh ke satu tempat kost berlantai dua yang letaknya cukup dekat dengan kampus, hanya berjarak sekitar 50 meter, hingga bila harus ke kampus dapat ditempuh dengan berjalan kaki ... ngirit ... :-D harganya pun tidak terlalu mahal, 250rb/bln (tambah 35rb karena membawa peralatan elektronik) sudah berikut lemari dan kasur. 
Sesuai dengan harga, kamar yang didapatpun  tidak terlalu luas hanya 3x3.5m tapi karena masih bisa memilih, ponakan saya ini lebih memilih menempati kamar  di lantai 2 dengan alasan ..lebih aman kalau banjir ...hehehe.. pinterr.
kamar sempit, dilantai dua dengan atap dak semen pula.. pastinyaaa suhu disiang hari 11-12 dengan sauna. :-) ..  pasang AC jelas ga mungkin karena ga akan tahan lama ...  maksutnya ... karena baru pasang satu hari pasti udah diusir sama yang punya kost... listriknya njeglek trus.. hehehe (jadi bukan ACnya loh yang ga awet)  budget juga minim.. pilihan paling bagus ya pasang exhaust fan... setelah dapat ijin sang pemilik kost untuk pasang exhaust, ponakanpun berangkat ke daerah jatinegara... maksutnya mo cari extrafan dan kipas angin seken yang masih lumayan, mungkin lagi mujur, dapat dua barang yang diinginkan sekaligus dengan harga cukup bersahabat... ga pake kluar urat dileher waktu nawar.

Setelah dipasang memang terasa beda.... ( ya jelaslah beda jauh banget ma AC... wkwkwkw ) yang jelas sirkulasi udara lancar.. kamarpun jadi lebih adem.
Kamar sudah rapih dan nyaman ditata sesuai fengsui (betul ga sih nulisnya gitu hehe...) belajarpun tambah semangat ... mmhhh tinggal sektor kesenian (baca: hiburan ) yang ada cuma player MP3 dan radio dari HP aja.. bosen juga.. sementara sang ponakan seneng banget berita - berita yang ap to det ( ngakunya sih ga doyan infotainment, sinetron ato sejenisnya ... tapi kok kalo gosip seleb  die bisa tau  duluan ya' .. :-D .. dasarrr.. ) .. niat beli tv LCD berikut home theaternya jadi ciut pas liat harga. ( mungkin mikir kali... ah sayang duit, mending beliin nasi padang ato gudeg... bisa sampe lulus tuh makan pake duit segitu ) lagian kamar juga luasnya kan 4L ( Lu Lagi.. Lu Lagi ).. klo dijejelin barang segitu .. ntar aku tidur dimana donk om... katanya dengan logat medok khas Jogja (..hyah Tong... bilang aje budget pas2an hehehe) pengen punya komputer juga biar bisa OL cari tambahan dari peid tu klik  :-) .
Akhirnya ide cemerlang pun dapet, gimana bisa OL sekaligus nonton TV, VCD ( mudah2an bukan VCD aril  piterporn xexexex..)  juga masang lagu metal kesukaan. sesuai budget dan ga nyempitin kamar,  Hampir seminggu liat iklan baris dan tanya sana sini, dapet juga satu set komputer lawas compaq pentuim 3, TV Tuner plus speaker aktif pake bonus modem GSM lagi...  harganye juga betemennn bangettt ... emang mujur lu Tong .. emang kalo jadi anak yang nurut orang tua disayang Tuhan ya  :-D  ....
Semua fungsi komputer normal.. monitor terang benderang, TV tuner dan speaker juga Ok... cumaaa .. ya itu warna kompie dah dekil n de kumel.. ga jelas antara putih kuning atawa abu2... hehe..
Jiwa seniman ponakan mendadak muncul.. modal cat pylox warna blek flet, CPU, monitor dipretelin, langsung srot .. srot warna item dop pun nutupin warna asli bodi monitor dan CPU, hasilnya lumayan bagus, kesan kompie jadul tersamar... sekali lagi pinterrrrr.....
Sekarang semua dah komplit, kamar yang lumayan nyaman untuk belajar dan istirahat, fasilitas hiburan ada, rasanya cukupan untuk anak kuliahan, ga berlebihan tapi juga ga minim2 amat,  mungkin kalau diperinci seperti ini :

Kamar Kost                               : 285rb/bln
Exhaust + Kipas Angin                : 100rb
komputer P3, 40GB, 512, 600       
+ TV tunner, speaker, modem      : 500rb
kabel Antene TV 10m                  : 15rb
Antene TV                                 : 45rb
kartu GSM untuk OL                    : 25rb/bln ( pake 3 )
cat Pylox 2 kaleng:35rb                 
rentalin komputer ke temen kost : 3500/jam
(point terakhir ini sama ponakan dipake buat bayar laundri kiloan... dasar otak dagang hehehe .. )

Yah ini  pengalaman ponakan saya yang diceritain waktu saya nengok ke kost2annya di daerah cawang, mudah2an bisa jadi inspirasi juga buat temen2 yang baru mau kost atau Bapak/Ibu yang putra/putrinya mesti indekost karena tempat kuliahnya kebetulan berbeda daerah dengan anda.

17 comments:

  1. heheheeee....saran yang menarik...
    Boleh juga tuh buat dipraktekkin..
    Tengkyu sharingnya..

    ReplyDelete
  2. di cawang tempat kuliah apaan kang :D
    bagus bagus hehehe ngirit sekalee..biar cepet kaya haha

    ReplyDelete
  3. @kang ian
    Ponakan kuliah di UKI :-)
    yang jelas kamarnyah kliatan agak legaan ... hehehe

    ReplyDelete
  4. Jalan2 ke blog kerabat, semoga sukses selalu dapat mempererat silaturrahmi antar sesama blogger...

    ReplyDelete
  5. wah..
    hemat dan cermat plus kreatif
    hihi..
    smg diberi kelancaran untuk kuliahnya ^^

    ReplyDelete
  6. @rosenrain
    :-D iya Mbak.. aminn, nanti saya sampaikan

    ReplyDelete
  7. cawang emang ada kampus po???

    hmm,,,, klo msh jakarta2 pinggiran sih msh masuk akal

    klo d jakpus,,,, gak ada kayaknya harga kos segitu

    ReplyDelete
  8. @ahmedfikreatif
    Ada.. UKI, ponakan kuliah disitu.
    ya, jakpus paling murah 400 rebu'an.. cm kondisinya.. gt dehh.. :-)

    ReplyDelete
  9. @ibnuMakasih Pak postingnya .. jadi timbul inspirasi untuk kost-an saya yang kebetulan juga tipe 4L hehehe... sudah dipraktekkin.. skarang kamar lebih lega, cuma ada sedikit tambahan biaya, ngecat n beli modem..

    ReplyDelete
  10. @ahmedfikreatif
    Betul Mas kata Pak Ibnu, saya dapet kostan ga jauh dari hotel mandarin.. harga 400ribu, mungkin kalo jakpusnya di daerah jalan diponegoro ... yaaaa ga ada yang harga segitu hehehe... pis ah salam kenal

    ReplyDelete
  11. Emang di daerah sekitaran UKI segituan ya?

    Cara menghitamkan kompi seperti itu sekarang banyak digunakan oleh tukang servis kompi. Katanya biar harga jualnya naik dikit...

    ReplyDelete
  12. jarang2 di jakarta dapet harga segitu mas. beruntung..

    ReplyDelete
  13. @agito
    kata ponakan sih segitu Pak.. cuma memang kamarnya kecil dan km mandi diluar :-)
    tampilan kompienya jadi lebih bagus dengan di cat warna hitam gitu.. hehe.. keyboard plus mousenya sy liat juga diganti, jadi sewarna dgn kompie..
    judulnya sih memaksimalkan keterbatasan Pak :-D

    ReplyDelete
  14. @fadhlyoke
    ya.. alhmdulillah :-)
    trm kasih Mas kunjungannya

    ReplyDelete
  15. hehe kerennn....mas kunjungi blog saya dunk, saya lagi butuh temen hehe makasi

    ReplyDelete
  16. @opensource2010
    Makasih kunjungannya... langsung ke TKP nih :-)

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle