6/24/10

Menjaga Si Kecil Dengan Makanan Tambahan

ibnurakhmat
Semenjak masih janin, seorang anak sudah memerlukan asupan nutrisi untuk memabantu pertumbuhan otak dan mentalnya.Setelah lahir,sang ibu idealnya memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan untuk membangun daya tahan tubuh si kecil.Setelah anak semakin beranjak besar atau menginjak usia di atas 6 bulan ,umumnya mulai timbul masalah seputar asupan gizi. 
Para ibu sering mengeluh anaknya tidak doyan makan.
Banyak faktor yang menyebabkan seorang anak tidak nafsu makan ,bisa karena kekurangan nutrisi,faktor keturunan ayah ibunya yangdulu tidak suka makan ,sakit berat, atau memang makanannya tidak enak.Bila disebabakan kurang nutrisi,pemberian makanan tambahan bisa membantu. Tapi ini tidak menjanjikan bahwa setelah mengonsumsi makanan tambahan,makannya akan lahap,sebab ini sifatnya hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi.
Masa masa terbaik pemberian nutrisi bagi anak anak adalah saat masih janin hingga usia 2 tahun.Namun bukan berarti setelah 2 tahun, pertumbuhan sianak di abaikan .Setelah usia 2 tahun, kita tetap harus mempertahankan dan mengamati kondisi anak.
setelah anak bisa mengunyah, makanan tambahan yang mampu melengkapi gizi bisa diberikan. Makanan ini umumnya berbentuk tablet dengan rasa mirip permen.Yang perlu diperhatikan orangtua, makanan tambahan ini sebaiknya terbuat dari sari tumbuhan atau buah alami dan tidak mengandung gula atau pemanis buatan.
Pada masa emas pertumbuhan, seorang anak hendaknya mendapat semua vitamin dasar, seperti vitmin A, B Komplek,C, D, E
Bagi orang tua yang akan memilih makanan tambahan bagi anak anaknya  sebaiknya banyak mencari informasi dari kerabat atau teman yang sudah berpengalaman memberi makanan tambahan bagi anak anaknya.

2 comments:

  1. Problem orangtua memang sering kesulitan memberikan gizi seimbang pada anak terutama balita karena anak cenderung suka memilih jenis makanan yang disukainya saja.
    Apa pemberian vitamin dan mfood suplemen cukup untuk mengisi kekurangan tersebut ya ? Makasih, Dok :)

    ReplyDelete
  2. @wulan audy
    Memang banyak hal seperti ini ya Mbak.. ga doyan sayur .. ga mau makan kuning telur.. :-D ga suka ikan dsb.. nah disini memang dituntut kreativitas dalam menciptakan tampilan makanan agar menggugah selera makan anak... mmh seperti di kumpulan resepnya Mbak itu lho.. saya aja jadi laper klo ngliatnya hehe..
    juga memberikan pengertian pentingnya kandungan gizi dalam makanan yang tidak disukai anak.. hingga mereka mau mencoba utk memakannya.. tentunya dengan bahasa yang dipahami mereka.. ga mudah.. tapi bisa dicoba :-)
    suplemen hanya tambahan saja mbak klo memang dianggap kurang kualitas makanan yang di konsumsi anak.. tapi sebaiknya diutamakan didapat dari makanan pokok.. okeh Mbak.. ?? :-)

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle