6/18/10

Bau Mulut (Halitosis)

DEFINISI
Bau Mulut (Halitosis) adalah bau tidak sedap yang tercium ketika penderita menghembuskan nafasnya.

Halitosis psikogenik merupakan suatu keyakinan bahwa nafas seseorang bau, padahal sebenarnya tidak. Masalah ini bisa terjadi pada orang yang cenderung untuk melebih-lebihkan sensasi tubuh yang normal.
Kadang-kadang halitosis psikogenik disebabkan oleh kelainan jiwa yang serius, seperti skizofrenia. Seseorang dengan pikiran yang obsesif bisa memiliki perasaan kotor yang berlebihan. Seseorang yang paranoid bisa memiliki khayalan bahwa organnya rusak. Keduanya bisa beranggapan/berkeyakinan bahwa nafas mereka bau.



PENYEBAB
Biasanya bau mulut disebabkan oleh makanan atau zat tertentu yang telah ditelan atau dihirup, atau oleh fermentasi bagian-bagian makanan dalam mulut. Bau mulut juga bisa merupakan gejala penyakit tertentu yang mempengaruhi seluruh tubuh, seperti penyakit hati, kencing manis (diabetes) yang tidak terkontrol, atau penyakit pada paru-paru atau mulut.
Bau mulut biasanya tidak disebabkan oleh masalah dalam usus.
Kecuali selama menelan, katup kerongkongan pada mulut lambung tertutup, sehingga bau dari lambung atau sistem pencernaan yang lebih bawah, tidak akan mencapai mulut. Tetapi ada tumor pada kerongkongan atau lambung yang menyebabkan cairan atau gas berbau busuk, mengalami regurgitasi ke dalam mulut.

GEJALA
Tercium bau yang tidak sedap ketika penderita menghembuskan nafasnya.

DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejalanya,

PENGOBATAN
Penyebab fisik dapat dikoreksi atau disingkirkan.Sebagai contoh, orang bisa berhenti makan bawang putih atau memperbaiki kebersihan mulutnya.
Banyak pewangi mulut dan semprotan mulut yang bisa dipakai, yang terbaik adalah yang mengandung klorofil. Atau bisa juga dengan menggunakaan arang yang diaktifkan yang akan menyerap bau. Dokter bisa membantu meyakinkan penderita halitosis psikogenik, bahwa nafas mereka tidak bau. Bila masalahnya berlanjut, mungkin diperlukan bantuan dari seorang prikoterapis.

source : Medicastore

8 comments:

  1. @Riza
    Sama-sama Mas .. trimakasih ya kunjungannya.. :-)

    ReplyDelete
  2. HAAAAHHH *menghembuskan nafas dari mulut*

    kok saya halitosis ya???

    ReplyDelete
  3. oh, jadi seperti itu
    terima kasih atas informasinya..^^

    ReplyDelete
  4. kalau dah makan jengkol atau pete kayanya pasti bau mulut deh hihi :D
    haturnuhun kang :D
    sunda toh? hehe

    ReplyDelete
  5. @kang ian
    wkwkwkw... sumuhun atuh Kang... tapina pan nu dua eta mah mantaff.. ... leres Apa ti kuningan lamun Ambu ti rangkas .. ai Akang Teh aslina.. timana

    ReplyDelete
  6. @diazhandsome
    walahhhh ..... :-)
    Tks Kunjungannya Mas

    ReplyDelete
  7. @rosenrain
    sama2 trm kasih juga Mbak.. makasih ya dah sempetin mampir2 lagi.. :-)

    ReplyDelete


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Ralepi.Com - Suzuki Motorcycle